Selamat Berkunjung ... Welcome ... Wilujeng

Jumat, 13 Juli 2012

Bacaan Shalat

  • Niat :
Usalli fardhal (isya'i / asri / dzuhri) arba'a raka'atin (adaan / imamman / ma'muman) lillahi ta'ala.
Usalli fardal maghribi salatsa raka'atin (adaan / imamman / ma'muman) lillahi ta'ala.
Usalli fardal subhi rak'ataini (adaan / imamman / ma'muman) lillahi ta'ala.
  • Takbiratul Ikrom :
Allahuakbar
"Allah Maha Besar"
  • Do'a Iftitah :
Allahuakbar kabira walhamdulillahi kathira wasubhanallai bukratau waasila. Inni wajjahtu wajhia lillazi fatarassamawati wal ardha hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna shalati wanusuki wamahyay wammamati lillahi rabbil'alamin. Laa syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin.
Allah Maha Besar sebesar-besarnya, dan segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha Suci Allah siang dan malam. Kuhadapkan mukaku, kepada yang menjadikan langit dan bumi, aku berserah diri kepada Allah, dan bukanlah aku dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku kuserahkan hanya kepada Allah tuhan sekalian alam. Sekali-kali tidaklah aku menyekutukanNya. Dan dengan demikian aku ditugaskan, dan aku adalah dari golongan orang-orang muslim (Islam).
  • dilanjutkan dengan baca surah Al-Fatihah lalu dilanjutkan dengan surah lain

  • Ruku :
Subahana rabbiyal 'adzimi wabihamdih (3x)
Maha Suci Allah yang Maha Agung dengan sifat kepujiannya.
  • Ik'tidal :
Sami Allahu liman hamidah
Allah mendengar orang yang memujinya

Rabbana lakalhamdu
Ya Tuhan kami, bagiMu segala puji
atau
Rabbana lakalhamdu mil assamawati wamil ardhi wamil a'maasyita min syai i'nba'du
Ya Tuhan kami, bagiMu segala puji seisi langit dan bumi dan sebanyak yang Engkau kehendaki
  • Sujud :
Subhana rabbiyal a'laa wabihamdih (3x)
Maha Suci Allah yang Maha Mulia dengan sifat kepujiannya.
  • Duduk antara dua sujud :
Robbighfirli warhamni wajburni warfa'ni warzuqni wahdini wa'afini wa'fu'ani.
Ya Tuhanku ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah aku, angkatlah derajatku, berilah aku rezeki, pimpinlah akau, sehatkanlah aku dan maafkanlah aku.
  • Tahiyat Awal
Attahiyatul mubarakatus shalawatut taiyibatu lillah;
Assalamu'alaika aiyuhan nabiyu warahmatullahi wabarakatuh;
Assalamu'alaina wa'ala 'ibadillahis salihin;
Asyhadu 'ala illaha illallah; (sambil mengangkat jari telunjuk sebelah kanan)
Wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah;
Allahumma solli'ala Muhammad .....
Salam dan sejahtera, sembah bakti dan segala kebaikan Allah. Salam atasmu wahai Nabi dan rahmat Allah dan keberkatanNya. Demikian pula mudah-mudahan dianugerahkan kepada kita dan kepada segenap hamba-hambaNya yang soleh. Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah. Ya Allah berilah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kita Nabi Muhammad....
  • Tahiyat Akhir
Attahiyatul mubarakatus shalawatut taiyibatu lillah;
Assalamu'alaiak aiyuhan nabiyu warahmatullahi wabarakatuh;
Assalamu'alaina wa'ala 'ibadillahis salihin;
Asyhadu 'ala illaha illallah; (sambil mengangkat jari telunjuk sebelah kanan)
Wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah;
Allahumma solli'ala Muhammad wa'ala ali Muhammad;
Kama solaita'ala Ibrahim wa'ala ali Ibrahim;
Wabarik 'ala Muhammad wa'ala ali Muhammad;
kama barakta 'ala Ibrahim wa'ala ali Ibrahim;
Fil 'alamina innaka hamidummajid.
Salam dan sejahtera, sembah bakti dan segala kebaikan bagi Allah. Salam atasmu wahai Nabi dan rahmat Allah dan keberkatanNya. Demikian pula mudah-mudahan dianugerahkan kepada kita dan kepada segenap hamba-hambaNya yang soleh. Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah. Ya Allah berilah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan Nabi Muhammad dan keluarga Muhammad. Seperti apa yang telah Engkau anugerahkan kesejahteraan kepada ibrahim dan keluarga Ibrahim. Dan berkatilah Muhammad dan keluarga Muhammad. Seperti yang Engkau berkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Tinggi.

Tidak ada komentar: